Cerpen

Written by Gamay on July 27, 2020 in Dunia Bisnis with no comments.

Bahkan seluruh orang sukses di dunia ini meraih kesuksesannya karena menabung di jalur yang tepat. Tujuan dari mempelajari cara menabung yang baik untuk masa depan tentunya agar anda memiliki barang yang diinginkan. Dengan demikian, barang yang anda inginkan akan lebih mudah diperoleh. Dengan berhemat akan ada uang sisa yang dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan lainnya. Nah, pada dasarnya jika anda belum pernah berhemat, anda sebenarnya dapat menghemat 20 sampai 30% pengeluaran loh.

Ada pepatah yang mengatakan “semakin dini kamu menabung maka semakin banyak pula tabungan di masa depan nanti”. Anda bisa memasukkan uang ke produk investasi yang sesuai dengan tujuan keuangan. Apabila Anda ingin tidak memikirkan biaya kesehatan di masa mendatang, produk asuransi kesehatan yang disertai unitlink bisa menjadi pilihan. Inflasi atau kenaikan harga barang atau jasa akan membuat nilai uang yang bisa Anda gunakan berkurang dari waktu ke waktu. Jika memiliki tabungan, Anda pun tidak perlu menjual ataupun menggadaikan kepemilikan barang hanya untuk memenuhi kebutuhan yang tidak terduga. Anda bisa menggunakan uang tabungan untuk menambal biaya kebutuhan tersebut.

Hasilnya sebanyak 60% responden perempuan mengatakan mereka jauh lebih stres selama pandemi, dengan berbagai faktor. Faktor-faktor ini termasuk kesejahteraan emosional dan psychological anak-anak mereka, keuangan sehari-hari, dan tabungan jangka panjang. Untuk sebagian orang di Indonesia, suggestions menabung dengan menggunakan metode Kakebo terbilang masih asing. Pasalnya, setiap di Indonesia sendiri memiliki cara menabung sendiri yang sudah ada sejak dahulu.

Padahal, hal itu sebagai cara untuk menekan laju budaya konsumtif yang bisa membuat bangkrut keuangan di rumah tangga. Melalui investasi, kamu juga dapat merencanakan persiapan tabungan masa depan daripada hanya sekedar menabung di rekening bank konvensional. Hasilnya nanti dapat digunakan untuk biaya pensiun, pernikahan, pendidikan anak, dana darurat, serta impian-impian yang ingin diraih. Asal disiplin dan konsisten, Anda bisa mempersiapkan dana pensiun sejak dini agar lebih tenang di masa tua.

Menabung untuk masa depan yang lebih baik

Misalnya, ketika seseorang belum saatnya menikah, maka ia belum memikirkan biaya untuk pernikahan. Tapi ketika sudah timbul kebutuhan untuk menikah, barulah ia sadar butuh biaya. Bila punya tabungan, biaya yang ditanggung terasa jadi lebih ringan. Sebaliknya, bila kamu tidak memiliki manajemen keuangan yang baik dengan tabungan, sama saja kamu tidak mendukung masa depan kamu.

dengan baik, maka sebelumnya Anda perlu mengestimasi biaya pendidikan terlebih dahulu, mulai dari biaya pendidikan tingkat awal, menengah, hingga tinggi. Anda juga harus mempertimbangkan besaran inflasi setiap tahunnya dengan menggunakan rata-rata nilai inflasi sebesar 10% setiap tahunnya. Kemudian gunakan angka ini untuk menghitung kenaikan biaya pendidikan setiap tahunnya. Dengan begitu, mereka jadi memiliki gambaran perihal pengeluaran harian, mingguan dan bulanan. Untuk mendukung penerapan menabung dengan menggunakan metode Kakebo, mereka juga akan menyimpan seluruh struk belanjaan. Setelah mengalihkan pengeluaran ke empat kategori tersebut, mereka baru akan mencatat secara rinci berapa uang yang dapat disisihkan untuk ditabung.

Comments are closed.