Dalam Etika Bisnis Terdapat 3 Keadilan,sebutkan Dan Jelaskan Serta Berikan Contoh

Written by Gamay on July 15, 2020 in Dunia Bisnis with no comments.

Dalam konteks pembangunan bangsa Indonesia keadilan tidak bersifat sektoral tetapi meliputi ideologi, Ekpolesosbudhankam, untuk menciptakan masyarakat yang adil dan makmur. Realisasi dari prinsip keadilan sosial tidak lain adalah dengan jalan pembangunan yang benar-benar dapat dilaksanakan dan berguna serta dinikmati oleh seluruh lapisan rakyat. Selain itu dalam realisasinya Pembangunan Nasional merupakan suatu upaya untuk mecapai tujuan negara, sehingga Pembangunan Nasional harus senantiasa meletakkan asas keadilan sebagai dasar operasional serta dalam penentuan berbagai macam kebijaksanaan dalam pemerintahan negara. Dari sudut penataan ekonomi, konsepsi keadilan Rawls menuntut suatu basis ekonomi yang truthful melalui sistem perpajakan yang proporsional serta sistem menabung yang adil sehingga memungkinkan terwujudnya distribusi yang adil pula atas semua nilai dan sumber daya sosial. Di sini perlu ditegaskan bahwa setiap orang mempunyai hak untuk menikmati nilai-nilai dan sumber daya sosial dalam jumlah yang sama, tetapi juga memiliki kewajiban untuk menciptakan kemungkinan yang membawa kemaslahatan bagi masyarakat secara keseluruhan.

Allah menekankan konsep tanggung jawab moral tindakan manusia, Karena itu menurut Sayyid Qutub prinsip pertanggungjawaban Islam adalah pertanggungjawaban yang seimbang dalam segala bentuk dan ruang lingkupnya. Antara jiwa dan raga, antara particular person dan keluarga,individu dan sosial antara suatu masyarakat dengan masyarakat lainnya. Pada dasarnya, diskriminasi dan keadilan yang dirasakan dapat dihadapi dengan menunjukkan prestasi dalam tim kerja, namun ada kalanya individu menyerah dan kemudian memutuskan untuk mengundurkan diri dari pekerjaannya.

Baik secara langsung atau tidak langsung citra Pengadilan Agama Lamongan akan tergambar melalui bentuk pelayanan yang kita sajikan. Masyarakat akan menilai Pengadilan Agama Lamongan dari kesan pertama dalam berhubungan dengan orang-orang yang terlibat dalam perusahaan tersebut. Pemungut pajak tidak mengganggu kelancaran ekonomi masyarakat seperti mengganggu kelancaran peredaran barang.

Asas konsensualisme yang dikenal dalam KUHPer adalah berkaitan dengan bentuk perjanjian . Dengan demikian kebebasan berkontrak bukanlah asas yang hanya terdapat dalam hukum Kanonik Barat, karena ajaran Islam yang bersumberkan wahyu sejak 14 abad yang lalu telah merumuskan asas ini. Kajian mengenai asas-asas akad memiliki peranan penting untuk memahami berbagai macam kontrak perjanjian, regulasi dan undang-undang, terutama kaitannya dengan sahnya perjanjian. Perkembangan yang terjadi dalam akad-akad bisnis kontemporer dan ketentuan undang-undang akan lebih mudah dipahami setelah mengetahui asas-asas yang berkaitan dengan perjanjian tersebut. Keberhasilan pelayanan akan sangat tergantung pada orang-orang yang terlibat di dalamnya.

Keadilan yang ada dalam bisnis

Dalam negara hukum modern, supremasi hukum menunjuk pada”the rule of legislation, and never of man”. Dalam posisi sebagai negara hukum tersebut, maka produk-produk hukum yang dilahirkan harus mengacu dan bersumber dari hukum-hukum dasar yakni Pancasila dan UUD 1945. Berangkat dari dua potensi ketidakadilan di atas, ada tiga aspek penting yang harus mendapat perhatian dalam pelayanan kesehatan. Pertama, aksesibilitas, harus ada jaminan setiap masyarakat dapat mengakses pelayanan kesehatan tingkat dasar dan tidak boleh ada kendala biaya atau geografis dalam mengakses pelayanan kesehatan tingkat dasar.

Namun, jika tindakan tersebut dinilai bisa mengakibatkan suatu perpecahan atau benturan dengan hak orang lain, maka tindakan tersebut harus dihindari. Saudara-saudariku yang terkasih dalam Kristus, dunia kita saat ini sedang terancam karena adanya virus covid-19, terkhususnya di wilayah kita saat ini. Namun, ditengah keterbatasan yang kita alami saat ini, janganlah kita menjadikan ini sebagai suatu alasan dan teladan yang harus kita tunjukan dalam berkomunikasi dengan sesama kita tanpa harus melanggar aturan yang telah ditetapkan oleh pemerintah. Dalam hidup ini banyak orang bisa menyatakan kebaikan atau bertindak yang baik tetapi hanya sedikit saja orang yang dapat menjaga hatinya agar tetap tulus dan memiliki kerendahan hati. Pada kenyataannya, ketiga prinsip itu tidak dapat diwujudkan secara bersama-sama karena dapat terjadi prinsip yang satu berbenturan dengan prinsip yang lain.

Comments are closed.