Ninety Nine Persen Umkm Merasakan Bantuan Pemerintah Di Masa Pandemi Covid

Written by Gamay on June 15, 2020 in Dunia Bisnis with no comments.

Karena kita dibatasi untuk tidak keluar rumah, on-line store dan e-commerce pun menjadi jalan keluar agar bisa berbelanja untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Oleh karena itu, bagi kamu yang memiliki bisnis offline bisa beralih ke on-line agar tetap mendapatkan konsumen. Saat ini banyak dibutuhkan jasa desain grafis untuk memuat informasi penting seputar Covid 19. Beberapa perusahaan membutuhkan jasa membuat poster himbauan dan infografis pengetahuan tentang Covid 19.

Pandemi yang terjadi sejak 2020 mengajarkan kepada dunia usaha, khususnya usaha mikro kecil dan menengah , beradaptasi dan bertransformasi secara cepat. Pemerintah merespons pandemi ini dengan memberikan bantuan modal kerja, subsidi kredit UMKM, hingga relaksasi bunga kredit perbankan demi mempertahankan sektor UMKM. Tidak hanya dari sisi suplainya, pemerintah juga mendorong sisi permintaan agar pengusaha UMKM terus menggeliatkan usahanya meski masih dalam pandemi. Ikhsan menyampaikan inisiatif Banpres Produktif Usaha Mikro yang digagas dalam program PEN 2020 dan 2021 sangat tepat dalam membantu pengusaha mikro yang pada saat pandemi kesulitan modal untuk bertahan. “Selain pengusaha mikro, ada tipikal UMKM yang tidak mampu membayar utangnya, yang akhirnya diberikan keringanan pembayaran suku bunga kredit, bahkan bunganya didiskon 50% lewat kebijakan pemerintah. Untuk UMKM yang mampu bertahan di masa pandemi diberikan KUR yang sangat membantu mereka untuk bertransformasi,” jelasnya.

Berangkat dari situasi ini, menjual masker kain pun bisa menjadi ide usaha yang potensial dijalankan selama masa pandemic. Jasa desain grafis bisa memiliki peluang bagus untuk diterapkan selama pandemi. Banyak individu atau lembaga yang membutuhkan konten visual untuk berbagai kepentingan.

Jenis tanaman yang ia jual kebanyakan jenis monstera variegata alias janda bolong. Menurutnya, harga tersebut merupakan harga yang sudah naik dari sebelumnya yang hanya Rp50 ribu. Ada juga tanaman-tanaman koleksi yang harganya bisa di atas Rp3 juta. Tren kian berubah dan kebutuhan prioritas konsumen pun mempengaruhi pilihan ide bisnis yang potensial. Ketua Umum Asosiasi UMKM Indonesia , Ikhsan Ingratubun, mengatakan UMKM saat ini memang sudah mulai bangkit meski belum pulih seperti 2019.

Binsis yang bisa dibuka ketika masa pandemi

Tempat yang dibutuhkan tidak terlalu besar dan bisa ditempatkan etalase untuk memajang produk yang dijual. Kios aksesori ponsel biasanya juga menyediakan jasa pengisian pulsa dan token pln. Ini juga bisa dijadikan ide usaha sampingan mahasiswa yang cukup mudah untuk dilakukan. Isolasi mandiri di rumah artinya tidak boleh keluar rumah kecuali untuk urusan mendesak.

Comments are closed.