Pentingnya Memiliki Dana Pensiun Sejak Dini Agar Bahagia Di Hari Tua

Written by Gamay on August 7, 2020 in Dunia Bisnis with no comments.

Bila menabung di financial institution, uang bisa terus dipotong karena adanya sistem bunga yang biasanya hanya cukup untuk membayar biaya administrasi. Kondisi keuangan pun bakal memerlukan waktu yang lama untuk bertubuh. Berinvestasi juga merupakan wujud dalam membiayai pembangunan negeri dengan uang sendiri.

Hal ini dikarenakan emas menjadi barang yang harganya cenderung terus naik tiap tahunnya dan jarang terjadi penurunan secara signifikan. Emas saat ini dianggap sebagai salah satu investasi yang menguntungkan. Jika kamu termasuk pribadi yang teliti dan dapat mengelola keuangan keluarga, maka kamu bisa menjadi bendahara keluarga. Uang yang berada di rekening bersama tidak boleh digunakan kecuali untuk kebutuhan darurat dan harus dikelola dengan baik. Jadi, setelah menerima gaji atau pendapatan usaha, kamu dan pasanganmu harus menetapkan dulu jumlah uang yang akan disimpan di rekening bersama.

Pentingnya menabung, dan berinvestasi

Apalagi jika tabungan dipotong di awal bulan bagi seorang yang punya penghasilan rutin sebagai karyawan. Efeknya, orang yang konsisten menabung akan berpikir dua kali untuk pengeluaran yang tidak perlu. Manfaat menabung tak hanya menyehatkan secara finansial, namun juga menyehatkan dari sisi mental.

Sangat disayangkan sekali jika uang yang banyak dimiliki oleh orang Indonesia habis begitu saja tanpa disisihkan. Jika belikan makanan uang yang banyak tersebut akan kembali menjadi kotoran. Sebagai negara yang pertumbuhan ekonominya tinggi, ada baiknya pola konsumsi yang tinggi ini porsinya dikurangi, diganti dengan kegiatan investasi atau menabung. Sehingga uang yang kita miliki tidak dihabiskan semuanya, tapi ada sebagian yang disisihkan.

Untuk jenis investasi Surat Berharga Negara seperti SBR, terdapat fasilitas early redemption. Fasilitas ini berguna jika membutuhkan dana cepat, maka dana yang kamu investasikan sebesar 50% dapat dicairkan lebih awal sebelum masa jatuh tempo. Fasilitas ini hanya dapat dimanfaatkan oleh investor dengan minimal kepemilikan Rp2 juta. Sama halnya seperti menabung, kamu nggak perlu menunggu uang terkumpul banyak untuk mulai berinvestasi SBN.

Comments are closed.