7 Cara Bisa Dilakukan Manajer Untuk Bersikap Adil Pada Bawahan

Written by Gamay on July 14, 2020 in Dunia Bisnis with no comments.

Perusahaan memiliki kelebihan tersendiri dibanding perusahaan lain atau kompetitor. Menilai harga setiap pekerjaan untuk menentukan pembayaran gaji yang didasarkan pada keadilan inner dan eksternal. Melakukan survei untuk menentukan keadilan eksternal yang didasarkan pada pembayaran gaji di pasar kerja.

Maka ketika seorang pekerja diminta untuk disiplin soal jam kerja, lakukan hal yang sama dengan pekerja lainnya. Ketika satu orang harus bekerja berdasarkan tenggat waktu, pekerja yang lain juga harus ikuti aturan yang sama. Berdasarkan pendapat para ahli di atas, maka dapat disimpulkan bahwa manajemen infrastruktur perusahaan merupakan proses staffing, appraising, rewarding, promoting dan pengelolaan aliran tenaga kerja dalam perusahaan, yang berdampak positif bagi efisiensi perusahaan. Atas dasar ini penulis tertarik melakukan pengkajian tentang manajemen infrastruktur dalam perusahaan. Prinsip keadilan mendorong semua pihak agar dapat terlibat dalam bisnis, baik hubungan inside maupun hubungan eksternal. Setiap pihak akan menerima perlakuan yang sama sesuai dengan haknya masing-masing.

Tidak kalah penting ketika hukum tertinggal oleh zaman, dimana arus perubahan terus terjadi mengikuti laju pertumbuhan dari masyarakat, akan berdampak terhadap eksistensi hukum dan tingkat kepercayaan masyarakat terhadap hukum. RSPO adalah mekanisme sertifikasi pasar sukarela yang bersembuyi di atas “label hijau”, namun pada kenyataannya terus manutup mata atas dampak negatif atas tanah, hutan dan hak-hak masyarakat. Ketika membeli asuransi, Anda tentu mengharapkan jaminan atas berbagai risiko sekaligus bisa menjalankan hukum agama. Dengan memilih asuransi syariah sebagai pilihan, Anda telah melakukan salah satu hukum agama. Perusahaan asuransi juga dilandasi prinsip amanah dalam mengelola dana nasabah dan hal yang sama juga berlaku bagi para nasabah asuransi syariah. Dalam hal ini, nasabah harus bersikap jujur dan tidak mengada-ada ketika mengajukan klaim.

Menurut Aristoteles, negara haruslah berdiri di atas hukum yang menjamin keadilan kepada warga negaranya. Keadilan merupakan syarat bagi tercapainya kebahagiaan hidup untuk warga negaranya, dan sebagai dasar dari pada keadilan itu perlu diajarkan rasa susila kepada setiap manusia agar ia menjadi warga negara yang baik. Dalam negara yang memerintah bukanlah manusia sebenarnya, melainkan pikiran yang adil, sedangkan penguasa sebenarnya hanya pemegang hukum dan keseimbangan saja. Dalam Pembukaan UUD 1945 dikatakan bahwa menciptakan keadilan sosial merupakan salah satu tugas utama Republik Indonesia. Denan demikian, segala bentuk ketidakadilan tidak boleh dibiarkan di bumi Indonesia.

Faktor jaminan kesehatan dan perlindungan untuk mengantisipasi kecelakaan kerja menjadi unsur sangat penting untuk kenyamanan dan kesejahteraan pekerja. Penghargaan teradap tuntutan pribadi pekerja agar bisa menghayati hidupnya secara penuh dan bahagia tetap harus diperhatikan misalnnya pemberian kesempatan atau hak untuk bersama anak, keluarga, atau orang terdekat. Jatidiri sebagai wanita tetap harus diperhatikan mesikipun ia bekerja, sehingga pekerja wanita tidak harus dirugikan dengan melepas apa yang khas dan tidak tergantikan sebagai seorang ibu.

Keadilan yang ada dalam bisnis

Dengan prinsip kebenaran ini maka etika bisnis Islam sangat menjaga dan berlaku preventif terhadap kemungkinan adanya kerugian salah satu pihak yang melakukan transaksi ,kerjasama atau perjanjian dalam bisnis. Dari sikap kebenaran, kebajikan dan kejujuran demikian maka suatu bisnis secara otomatis akan melahirkan persaudaraan, dan kemitraan yang saling menguntungkan, tanpa adanya kerugian dan penyesalan. Tidak memperkenankan mengadakan tindakan-tindakan provokatif terhadap penganut agama lain, tetapi tetap toleran terhadap penganut agama lain sesuai asas Bhinneka Tunggal lka. Dari beberapa pendapat para pakar di atas, masing-masing memiliki analisis yang kuat, dan yang pasti sejalan dengan keadilan dari sudut pandang bangsa Indonesia yang disebut juga keadilan sosial yang secara jelas dicantumkan dalam pancasila, sila ke-2 dan ke-5, serta UUD 1945. Keadilan adalah penilaian dengan memberikan kepada siapapun sesuai dengan apa yang menjadi haknya, yakni dengan bertindak proposional dan tidak melanggar hukum. Keadilan berkaitan erat dengan hak, dalam konsepsi bangsa Indonesia hak tidak dapat dipisahkan dengan kewajiban.

Comments are closed.