Bergesernya Makna Keadilan Dalam Omnibus Legislation Cipta Kerja

Written by Gamay on July 16, 2020 in Dunia Bisnis with no comments.

Di samping itu, knowledge per eight Juni 2021, masyarakat yang telah menerima vaksin Covid-19 sudah mencapai 40,3 juta orang. Bagian kedua memiliki fungsi sebagai tiang yang merupakan turunan dari nilai-nilai universa. Islam mengakui kepemilikan pribadi, negara maupun kepemilikan campuran, namun pemilik primer tetap Allah SWT. Freedom to behave merupakan turunan dari nilai nubuwwah, ‘adl dan khilafah. Nilai ini memiliki arti bahwa setiap manusia memiliki kebebasan untuk bermuammah.

PATI, iNews.id – Seorang pengusaha rosok asal Kabupaten Pati menanti keadilan setelah diduga menjadi korban penipuan hingga miliaran rupiah. Dia menunggu kelanjutan kasus hukum yang sebelumnya telah dilaporkan ke polisi. JAKARTA – Kementerian Ketenagakerjaan sampai saat ini masih belum merilis informasi mengenai kelanjutan pencairan Bantuan Subsidi Upah atau BLT subsidi gaji 2020. Namun, menurut dia, setelah vaksin Covid-19 didatangkan ke Indonesia dan harga vaksin ditetapkan, pengusaha terlihat berpikir ulang untuk mengikuti vaksinasi gotong royong tersebut. Berbeda dengan waralaba konvensional yang dalam prakteknya ada sebagian yang melakukan bagi hasil yang diambil dari omset penjualan. Hal ini tentu bisa merugikan franchisee karena belum jelas keuntungan yang didapat tetapi sudah harus membayar royalty payment.

Menurutnya ratusan ribu orang yang bergantung pada bisnis tersebut sehingga kalau terjadi persaingan tidak sehat akan banyak yang kehilangan pekerjaan. Seperti fungsi atap dalam sebuah bangunan, nilai yang berfungsi untuk melindungi bangunan dari ancaman dari luar adalah akhlak. Akhlak merupakan sikap manusia dalam bertingkah laku yang diharapkan sesuai dengan teori dan sistem ekonomi Islam. Dari uraian diatas, ajaran agama Islam dalam perilaku ekonomi manusia dan bisnis Indonesia makin mendesak penerapannya bukan saja karena mayoritas bangsa Indonesia beragama Islam, tetapi karena makin jelas ajaran ethical ini sangat sering tidak dipatuhi. Dengan kata lain terjadinya penyimpangan-penyimpangan dalam Islam merupakan salah satu sumber berbagai permasalahan ekonomi nasional. Bisnis yang baik bukan hanya bisnis yang membawa banyak untung tetapi juga bisnis yang baik secara ethical.

Keadilan yang ada dalam bisnis

Rawls juga mengatakan bahwa, sebaik apapun suatu hukum tapi jika itu mengorbankan orang lain, maka hal itu tidak dibenarkan. Untuk mengkaji penulisan ini, penulis menggunakan metode yang bersifat deskriptif analisis, yaitu menjelaskan mengenai keadilan yang ada dalam Undang-Undang No. thirteen Tahun 2003 Tentang Ketenagakerjaan, kemudian dianalisis dengan menggunakan teori prinsip keadilan dari John Rawls. Metode penelitian yang digunakan adalah kepustakaan, dengan Undang-Undang No.thirteen Tahun 2003 Tentang Ketengakerjaan sebagai sumber penelitian dan ditinjau dari pendapat John Rawls mengenai konsep keadilan. Dari beberapa uraian information yang ada, Undang-Undang No. thirteen Tahun 2003 Tentang Ketenagakerjaan, yang mengatur mengenai outsourcing masih perlu adanya pembenahan. Karena, hak-hak yang seharusnya didapatkan oleh buruh atau pekerja outsourcing belum dituliskan secara rinci dalam UU tersebut. Kedua, belum adanya standing yang jelas apakah mereka nantinya akan menjadi karyawan tetap atau tidak.

Manusia pribadi wajib memperlakukan perserikatan manusia sebagai keseluruhan sebagai anggota yang sama martabatnya. Tuntutan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia tersebut dijabarkan dalam pasal 33 dan 34 yang menentukan bagaimana perekonomian nasional harus disusun. Keadilan Kreatif ialah suatu keadilan yang memberikan masing-masing orang dengan berdasarkan bagiannya yang berupa suatu kebebasan untuk dapat menciptakan kreativitas yang dimilikinya dalam berbagai bidang kehidupan. yang menggemukakan pendapatnya mengenai pengertian keadilan ialah keadaan antarmanusia yang diperlakukan dengan sama ,yang sesuai dengan hak serta kewajibannya masing-masing. Jika kita pun mengakui hak hidup orang lain, kita wajib memberikan kesempatan kepada orang lain untuk mempertahankan hak hidupmereka sendiri.jadi, keadilan pada pokoknya terletak pada keseimbanganatau keharmonisan antara menuntut hak, dan menjalankan kewajiban.

Comments are closed.