Hukum Kegiatan Ekonomi

Written by Gamay on August 1, 2020 in Dunia Bisnis with no comments.

Dengan berusaha menjelaskan sejarah penerjemahan karya-karya asing ke dalam bahasa Arab. Terutama karya-karya dari Yunani, serta perkembangan Bait al Hikmah sebagai pusat intelektual dan budaya masa itu. Sebagaimana juga akan menguraikan sejarah perkembangan paham Mu’tazilah sebagai mazhab resmi kerajaan. Dilanjutkan dengan usaha-usaha kaum muslimin dalam “meng-Islam-kan” ilmu pegetahuan baru yang mereka dapatkan juga akan disajikan dan terakhir soal-soal latihan essay. Kondisi yang sangat tepat untuk perkembangan bani Abbasiyah ini, sebenarnya terjadi untuk lintas sektoral yang, selain pendidikan/pengajaran ilmu-ilmu aqliah yang diambil dari dunia luar dan daerah takhlukan, ilmu-ilmu agama tentunya tidak ketinggalan.

Namun dalam tulisan ini penulis batasi proses pendidikan itu hanya untuk diri Muhammad saw sendiri, dengan lingkungan masyarakatnya sebagai kelas belajar dan Allah swt sebagai gurunya yang sekaligus merancang kurikulum (materi-materi/pengalaman-pengalaman) belajarnya. Adapun materi-materi yang dilalui Muhammad noticed adalah pengalaman hidup menjadi yatim piatu, menggembala kambing, berdagang, berperang, hidup dengan kaum kerabatnya dan berkomtemplasi/ber-khalwat . Dilihat dari segi corak dan pendekatannya, menurut Abudin Nata bahwa ilmu pendidikan Islam dibagi ke dalam empat bagian sebagai berikut. Pertama, ilmu pendidikan Islam yang bersifat normative ferenialis, Kedua, ilmu pendidikan Islam yang bersifat filosofis, Ketiga, ilmu pendidikan Islam yang bersifat historis empiris, Keempat, ilmu pendidikan Islam yang bersifat aplikatif. Jadi, penulisan buku ini adalah satu dari empat corak dan pendekatan ilmu pendidikan Islam.

Dengan selesainya satu kitab tertentu, santri dapat naik jenjang dengan mempelajari kitab yang tingkat kesukarannya lebih tinggi. Demikian seterusnya, contoh kitab untuk tingkat dasar seperti; kitab Tauhid ( al-Jawahr al Kalamiyyah) sedangkan untuk tingkatan pertama kitab tauhid yang diajarkan; Aqidah al Awwam, tingkat menengah; Tuhfah al Murid, tingkat tinggi; Fath al Majid. Syekh Arsyad menyulap tanah tersebut menjadi sebuah perkampungan yang di dalamnya terdapat rumah-rumah, tempat pengajian, perpustakaan dan asrama para santri. Semenjak itu, kampung yang baru dibuka tersebut didatangi oleh para santri yang datang dari berbagai pelosok daerah. Pesantren yang dibangun di daerah pelosok, di luar Martapura ini bertujuan untuk menciptakan lingkungan yang kondusif bagi proses belajar menagajar para santri; tenang, damai, akrab dan belum terkontaminasi dengan budaya-budaya perkotaan. Pesantren yang dibangun di daerah pelosok, selain berfungsi sebagai pusat keagamaan juga pusat pertanian, karena di sana Syekh Arsyad bersama dengan beberapa guru dan santri mengolah tanah lingkungan itu menjadi sawah yang produktif dan kebun-kebun sayuran.

Beberapa kantor masih menyuruh pekerjanya untuk tetap hadir di kantor meskipun himbauan kebijakan Work From Home atau kerja dari rumah sudah diberlakukan. Pelanggaran-pelanggaran ini menandakan bahwa kebijakan yang dibuat pemerintah masih belum dianggap serius oleh sejumlah masyarakat. Berkaca pada kedua negara di atas, dapat dilihat bahwa ada berbagai jalan kebijakan untuk menanggulangi sebuah pandemi. Jalan yang dipilih pun juga sangat tergantung pada banyak hal yang perlu diperhatikan. Hal tersebut meliputi kondisi infrastruktur kesehatan, perekonomian, dan kondisi masyarakat luas.

Selanjutnya, disebutkan bahwa Standar Pelaksanaan Fungsi Audit Intern Bank adalah ukuran mnimal yang harus dipatuhi oleh semua bank dalam melaksanakan fungsi audit intern. ​​ Masalah itu berfotensi terhadap pelanggaran Ketentuan Batas Maksimum Pemberian Kredit , yang menetapkan bahwa bank dilarang memberikan kredit lebih 20% dari modalnya kepada satu perusahaan atau suatu grup perusahaan. Apabila debitor adalah pihak terkait dengan bank maksimal kredit adalah 10% dari modal bank. Misalnya Bank Anrico memberikan pinjaman kepada anak perusahaan sebesar 1.925% dari modalnya. Sedangkan Bank Jakarta menyalurkan kredit kepada perusahaan terkait lebih dari dua kali modalnya. ​​​​ Fungsi prinsip keterbukaan untuk mencegah penipuan tersebut adalah pendapat yang paling tua.

Menelusuri dan menanalisa pergerakan ekonomi dunia

Akhirnya tujuh belas hari setelah kasus pertama diumumkan, Presiden Joko Widodo memerintahkan pelaksanaan tes cepat virus corona secara massal. Hal ini untuk mendeteksi dini orang-orang yang diindikasikan terjangkit Covid-19. Netanyahu mengungkap dunia saat ini justru semakin tergantung dengan produk-produk asal Israel, terutama di bidang teknologi. Hal itu dapat dilihat dari gelaran Pekan Apartheid Israel yang digelar tiap tahun. Istilah Apartheid sendiri mengacu pada kemiripan antara perbuatan rezim Zionis Israel kepada rakyat Palestina, dengan kebijakan diskriminasi ras kulit putih kepada kulit hitam di Afrika Selatan.

Comments are closed.