Milenial Kuat Finansial Di Pandemi, Ini Tips Direktur Bri

Written by Gamay on August 8, 2020 in Dunia Bisnis with no comments.

Berbeda dengan cara menabung pada zaman dahulu, yang cukup menyimpan uangnya di rumah, baik disimpan pada celengan maupun di bawah bantal atau kasur. Namun, ia mengatakan, “yang tidak baik dari rekening tabungan adalah jika ingin membangun kekayaan jangka panjang.” Inflasi, atau kenaikan harga yang luas yang mengurangi daya beli uang Anda. Dengan menabung juga memudahkan anda untuk menerima uang tunai disaat anda benar-benar membutuhkannya, karena memang tabungan dapat diambil kapan saja.

Mengenai produk investasi yang dijadikan pilihan untuk menabung, banyak pro kontra soal pengertiannya. Ini karena sejatinya menabung dan melakukan investasi merupakan dua hal yang berbeda, walapun sepintas caranya sama; yakni dengan mengumpulkan uang sedikit demi sedikit hingga lama-lama menjadi bukit. Sementara, investasi memiliki risiko kerugian sebanding dengan imbal hasil yang diharapkan atau high danger excessive return.

Para pemuda yang termasuk generasi milenial harus menghabiskan 51,1% pengeluarannya untuk kebutuhan keluarga mereka. Generasi sandwich juga harus membayar biaya kesehatan orang tua (23%) dan anggota keluarga lainnya (14%). Kemudian, ada 23% yang harus membiayai pendidikan untuk anggota keluarga utama. Itu belum termasuk membayar berbagai iuran, seperti BPJS Kesehatan dan cicilan sepeda motor. Semisal anak ingin memiliki barang yang harganya lumayan mahal, maka arahkan dia untuk tidak melulu minta pada orangtua. Kita bisa mengajak mereka untuk menyisihkan sebagian uang saku dalam waktu tertentu.

Jika kita lihat, saat ini banyak sekali yang bisa dilakukan oleh orang orang untuk mulai memikirkan masa depan, khususnya dari segi finansial. Banyak orang yang masih awam mengenai investasi sehingga banyak dari mereka yang belum tertarik melakukan investasi. Manfaat investasi sebenarnya secara tidak sadar juga melatih seseorang untuk lebih bertanggung jawab dan belajar mengambil keputusan. Dengan melakukan investasi, kamu harus bertanggung jawab terhadap investasi yang kamu lakukan. Namun sayangnya, di antara mereka masih saja ada yang tak ingin mencoba bahkan menghiraukannya.

Dalam proses verifikasi itu, pengguna akan berswafoto dengan verifikator atau agen KYC. Agen KYC akan menemui calon nasabah dan membantu pembukaan rekening Bank Neo Commerce. Cara kedua adalah verifikasi data oleh agen KYC dari Bank Neo Commerce. Setelah mengisi data alamat, aplikasi neo+ memberitahu Big Alpha bahwa pihak Bank Neo Commerce akan menghubungi dalam 3-5 hari kerja untuk melakukan verifikasi.

Investasi berbeda dengan menabung, yang notabene uang Anda diam dan tidak mempunyai nilai tambah, belum lagi jika terjadi lonjakan inflasi yang tidak menentu. Ketika dana investasi Anda digunakan untuk modal sebuah usaha misalnya, maka nilai investasi tersebut akan memghasilkan profit yang menjadi keuntungan Anda. Saham merupakan salah satu jenis investasi yang sudah di kenal oleh masyarakat Indonesia. Menabung merupakan kegiatan menyisihkan uang untuk kebutuhan jangka pendek maupun dana darurat, sedangkan investasi merupakan pengembangan uang yang dimiliki untuk mendapatkan keuntungan. Dengan lebih dini menabung dan berinvestasi maka dana yang dimiliki akan memberikan hasil berlipat. Jika sudah berencana punya rumah lima tahun lagi maka orang tersebut harus mempersiapkan uang muka lebih dini.

Pentingnya menabung, dan berinvestasi

Tak heran, banyak orangtua yang mempersiapkan tabungan pendidikan anak sejak dini. “Didalam acara ini kami ingin membuka paradigma bahwa investasi itu milik semua orang bukan milik orang kaya saja. Sehingga semua orang memiliki kesempatan yang sama untuk berinvestasi dan menikmati hasil investasi yang sama layaknya nasabah prioritas atau dikenal affluent customer,” sambung Oktavian. Meski memiliki kelebihan, investasi jangka pendek juga memiliki risikonya tersendiri yang perlu Moms pahami.

“Kami percaya setiap orang di Indonesia harus memiliki akses terhadap instrumen investasi yang berkualitas baik dan saran investasi yang tepat,” pungkasnya. Franky menjabarkan, porsi alokasi dana darurat beragam, tergantung besarnya pemasukan dan pengeluaran. Namun, umumnya minimal 10 persen per bulan dan besarannya minimal enam bulan dari pengeluaran bulanan. Menurut Luky, kondisi pandemi ini diharapkan menjadi pembelajaran bahwa situasi sulit dan tidak terencana bisa terjadi sewaktu-waktu.

Jakarta – Pada hakikatnya, investasi ditujukan untuk memperoleh manfaat atau keuntungan di masa depan, sehingga banyak orang merasa belum membutuhkannya sekarang. Mungkin saja kebutuhan di masa usia produktif dapat tercukupi melalui sumber penghasilan, dan banyak orang cenderung santai dengan belum memikirkan masa tua nanti. REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Dana darurat dalam pengelolaan keuangan pribadi maupun rumah tangga merupakan aspek yang penting, terlebih ketika terjadi suatu hal tak diinginkan.

Comments are closed.